Uncategorized

Pemajuan Kebudayaan, Pemerintah Akan Gelar Kerapan Sapi

Jaazaidun.com, Sumenep – Partai final kerapan sapi kembali akan digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, di Lapangan Giling, Minggu (15/09/2019).  

Sebagai rangkaian ikonik dari agenda budaya Visit 2019 ini, kerapan sapi ini digelar untuk mencari pemenang yang layak mewakili Kabupaten diajang perebutan Piala Presiden yang dijadwalkan bakal digelar di Bangkalan.

Even tradisional yang turun temurun ini, dihelat perkewedanan, yaitu kewedanan Guluk-guluk, Bluto, Ambunten, Sepudi dan Kota. Tujuannya murni untuk menyeleksi bibit unggul yang layak betarung dan menjadi juara.

“Bahkan tanggal 25 Agustus lalu, juga dilakukan seleksi di Pulau Sepudi,”jelas Robi, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disparbudpora Sumenep.

Robi memaparkan, segala hal tekhis persiapan lomba yang jadi rangkaian event Visit Sumenep 2019 sudah dilaksanakan. Mulai dari monitoring lapangan, hingga meliburkan para pedagang sapi yang biasa melapak di pasar Bangkal.

“Alhamdulillah, kami sudah liburkan. Sehingga tak pelapak di kios saat kerapan sapi berlangsung,”paparnya.

Dalam event ini sapi kerap yang akan diadu kecepatannya, ada 36 pasang sapi yang bakal dilombakan. Sapi-sapi itu akan diseleksi kemudian diambil sebagai pemenangnya.

Tetapi, Robi menegaskan bahwa sapi yang dilombakan sapi lokal. “Itu kriteria wajib, masuk tata tertib lomba. Sapi dari luar daerah, tak boleh ikut,”jelasnya.

Hal itu ditegaskan, dalam amanah UU no 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan. Tradisi kerapan sapi turun temurun sebagai warisan budaya dari nenek moyang.

Untuk diketahui, hari Sabtu 14 September 2019 besok akan dilakukan tehnikal meeting yang bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumenep dengan mendatangkan sebanyak 36 orang, termasuk pengurus paguyuban kurang lebih 50 orang, dan petugas keamanan dari pihak aparat Kepolisian Resort (Polres), Komando Militer (Kodim), Dinas Perhubungan (Dishub), dan lain-lain. (Rul)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com
Close