Pesantren

Peduli Pesantren, SPY Galang Dana Urunan

Jaazaidun.com, Sumenep, Alumni pondok pesantren Mathali’ul Anwar yang tergabung dalam Santre Pangarangan Yogyakarta (SPY) menyerahkan dana urunan sejumlah Rp.30 juta pada Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar, Sumenep. Koordinator Dana Urun SPY, Kiai Ali Wasik mengatakan gerakan dana urun dari teman-teman dilandasi atas kesadaran peran penting Pondok Pesantren dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kehadiran pesantren di tengah kita memiliki peran yang cukup vital. Pesantren menggarap kader-kader bangsa yang religius dan nasionalis tanpa pamrih,” cerita Ali Wasik di Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar usai pertemuan dengan dewan pengasuh, Kamis 26 September 2019.

Dia juga menggaris bawahi, dana urunan yang mereka galang bukan dalam rangka membantu pondok pesantren. Akan tetapi sekadar partisipasi untuk menjadi bagian dari pesantren.

“Para alumni sadar, pondok pesantren sudah mandiri sejak dahulu kala. Pondok pesantren tidak butuh dana urun dari kami. Tapi kami juga sadar, sebagai alumni kami harus peduli, harus berpartisipasi pada perkembangan pondok pesantren. Kalau istilah kerennya, kami ingin olle barokah,” ujarnya.

Ke depan, tambah Kiai Ali, gerakan dana urun menjadi pemicu untuk alumni pondok pesantren dan masyarakat santri pada umumnya untuk lebih peduli dengan pondok pesantren. Pondok pesantren, katanya adalah lembaga pendidikan yang memiliki komitmen keumatan dan kebangsaan yang tidak perlu diragukan.

“Karena itu, kepedulian kita pada pesantren akan kembali pada kita. Lulusan pesantren akan menjadi pion-pion peradaban di tengah masyarakat. Masyarakat yang religius, masyarakat yang madani,” tegasnya.

Gus Ebid, putra Pertama Pengasuh Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar, menerima kunjungan itu dengan tangan terbuka. Gus Ebid mengungkapkan rasa terimakasihnya atas sumbangsih para alumni.

“Kami ucapkan terima kasih. Kehadiran mereka, ide-ide baru mereka, memberi kami semangat baru. Memberi kami optimisme, pondok pesantren akan menjadi garda depan untuk menata kemashlahatan ummat,” ujarnya singkat.

Selain diterima langsung pengasuh Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar, Sumenep Abus Suyuf Ibnu Abdillah, hadir juga pada pertemuan itu Gus Ibad, Bindhara Anwar, Ustad Abdus Salam, Ustadz Luthfi, dan lainnya. Pertemuan antara dewan pengasuh Pondok Pesantren Matha’liul Anwar dan pengurus Santren Pangarangan Yogyakarta berlangsung meriah. (SW)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close