DaerahKabar

Solusi Fraksi PKB, Irwan Hayat Minta DD/ADD Tanggulangi Kekeringan

Jaazaidun.com, Sumenep. Potensi kekeringan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur cukup memprihatinkan. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, ada 30 Desa di kepulauan dan daratan mengalami kekeringan setiap musim kemarau panjang datang.

Sekretaris Fraksi PKB Sumenep, Irwan Hayat mengusulkan agar DD dan ADD sebagian dialokasikan untuk mengantisipasi kekeringan. “DD dan ADD itu, sebagian harus diproyeksikan untuk mengatasi kekeringan,”paparnya kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Pada tahun 2019 plafon DD untuk Kabupaten Sumenep sekitar Rp 123 miliar. Anggaran yang cukup besar apalagi ditambah ADD, pagu bantuan yang dikelola desa rata-rata di atas Rp 1 miliar, bahkan lebih. Maka, anggaran sebesar itu dampaknya akan betul-betul dirasakan oleh warga yang terdampak kekeringan.  

“Manfaat jangka panjang dari penggunaan dana desa dapat dirasakan oleh masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan mereka juga terwujud. Sebab air itu, sumber paling vital dalam kehidupan,”terangnya.

Pemerintah harus menyusun aksi partisipatif bersama warga desa yang terdampak kekeringan sehingga proyeksinya bisa komprehensif. Pengeboran untuk mencari sumber mata air dan embung bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kekeringan. Penghijauan juga dapat dilakukan dengan cara mengokorvesi lahan di daerah hulu untuk mengurangi penguapan, sehingga persediaan dan daya tahan air lebih lama. (Rul)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close