DaerahKabar

Ratusan Nelayan Dungkek Demo DKP dan DPRD Sumenep

Jaazaidun.com–Sumenep – Ratusan nelayan dari sejumlah desa, asal Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Rabu 05 Desember 2018 melakukan aksi unjukrasa ke kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Mereka memprotes penggunaan “Sarkak” yang saat ini kerap digunakan untuk menangkap ikan oleh nelayan. Ratusan massa juga membawa poster yang bertuliskan “tolak penggunaan sarkak”, “penggunaan sarkak merugikan”
Dan “kalau maksa jangan salahkan kami”.

“Kami menolak keras penggunaan sarkak itu, sebab merukan bagi nelayan yang menggunakan alat tangkap taradisional seperti kami,” kata orator aksi Hendri.

Versi nelayan, selain merusak ekosistem laut, menangkap ikan dengan menggunakan Sarkak atau yang biasa disebut Centrang itu, banyak ikan yang belum berumur.

“Apapun alasaannya penggunaan sarkak itu sangan merugikan nelayan, dan kami ngotot menentang, tolong ini serius ditindak lanjuti oleh pemerintah” paparnya.

“Sekali lagi tolong ini didengarkan dan segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait dan pemegang kebijakan di pemkab sumenep,”katanya menambahkan.

Pantauan Jaazaidun.com.usai menyuarakan aspirasinya di DKP, ratusan nelayan melanjutkan aksinya ke kantor DPRD setempat. setelah beberapa menit berorasi, sejumlah perwakilan dipersilahkan masuk untuk audiensi. (Bang)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close