KabarNasional

Ranking Perolehan Suara Pribadi Caleg Dari Dapil Jatim XI Yang Melenggang Ke Kursi Senayan

Jaazaidun.com, Surabaya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) empat Kabupaten di pulau Madura, yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang dan KPU Kabupaten Bangkalan merilis nama-nama calon potensial anggota DPR-RI dari Dapil Jatim XI yang akan melenggang ke kursi Senayan dihitung dari perolehan suara pribadi caleg pada Pemilu 2019.

R. Amin Imron, SH. MH yang berangkat dari partai Gerindra mengantongi 242.436 suara. Meskipun sebagai pendatang baru Ketua DPC Partai Gerindra ini memukau luar biasa, karena melampaui hasil perolehan suara pendahulunya Nizar Zahro yang hanya 22.990 suara. Sedangkan Ach. Baidhowi dari Partai PPP menduduki rangking kedua setelah R. Amin Imron. Pria asal Banyuwangi yang menggantikan Fanny Safriansyah dan menjadi anggota Pansus RUU Pemilu Komisi II DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan tersebut memperoleh dukungan 226.079 suara.

Willy Aditya dari partai Nasdem berada diurutan ketiga. Ketua DPP Nasdem yang asli dari Solok Sumatera yang pernah dipercaya partainya dalam pemilu 2014 menjadi Caleg DPR-RI untuk daerah pemillihan Jabar 7 tersebut mengantongi 190.943 suara. Caleg lain yang mengantongi perolehan suara terbanyak berikutnya politisi gaek dari PDIP Said Abdullah dengan peroleh 175.009 suara.

  1. Grafik dari sumber Db1 KPU 4 Kabupaten di Madura

Hazani bin Zuber dari Partai Demokrat mengantongi dukungan sebanyak 172.491 suara. Kemudian disusul oleh mantan DPRD Jatim dari Partai Gerindra yang kemudian di PAW, dan bergabung pada Partai Kebangkitan Bangsa yaitu Syafiuddin Asmoro yang mengantongi perolehan 134.169 suara.

Caleg dari Partai Amanat Nasional, Slamet Ariyadi hanya mengantogi dukungan 132.494 suara. Sedangkan Zainuddin Amali dari Partai Golongan Karya cukup di skore 121.353 dukungan suara.

Jika didasarkan pada rekapitulasi penghitungan perolehan suara tertinggi nampak pada Caleg Ach. Baidowi dari PPP ke Willy Aditya dari partai Nasdem dengan selisih 35.136 suara. Sebaliknya, dari perolehan suara terendah tampak dari Caleg PDIP Said Abdullah ke Hasan Bin Zuber dari Partai Demokrat dengan selisih 2.608 dukungan suara.

Dari delapan nama yang lolos ke kursi Senayan tersebut, dalam lima tahun ke depan sama-sama memiliki komitmen politik akan mewakili rakyat yang berada di kepulauan Madura, sebagaimana diumbar dalam janji-janjinya. (red)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close