DaerahKabar

Pulau Ra’as Sumenep; UNBK Gagal Diguncang Gempa, Dua Siswa Terluka dan Rumah Hancur

Jaazaidun.com, Sumenep. Semua siswa sekolah SMA Al Fanisa di Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Selasa, 2 April 2019 pagi sudah banyak yang datang ke sekolah, karena mengikuti pelaksanaan UNBK. Begitu jam menunjuk angka 08,22 Wib, bumi yang mereka pijak dirasakan bergoyang. Tanpa berpikir panjang segera mereka berhamburan keluar ruangan. Ada dua siswa terpelanting karena reruntuhan.

Gempa berkekuatan 4,9 menguncang wilayah mereka, tidak hanya bumi yang dirasakan bergerak, banyak warga panik, menjerit dan lari kehalaman mencari ruang kosong yang jauh dari bangunan.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa sudah terjadi di jam 08.22 Wib dengan kekuatan Magnitudo 5,0 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi Magnitudo 4,9 Episenter dan koordinatnya berada di 7,22 LS dan 114,56 BT. Artinya episenternya terletak di laut pada jarak 83 km arah tenggara Kota Sumenep, pada ceruk kedalaman 5 km di bawah bumi.
Namun guncangan gempa juga dirasakan di pulau Sepudi dalam intensitas III-IV MMI, di Situbondo dalam intensitas II-III MMI, kemudian di wilayah Banyuwangi dan Pulau Dewata Bali, tepatnya daerah Denpasar dan Singaraja II MMI.

Sementara gempa susulan terjadi pada jam 08.46 WIB dengan dua kali guncangan yang lebih kecil, yaitu dengan Magnitudo 3.0 dan Magnitudo 3.6.

Dari keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep diperoleh penjelasan bahwa gempa tersebut telah menyebabkan dua orang siswa di SMA Al Fanisa desa Brakas, Kecamatan Ra’as terluka. Rumah milik Nisa (50), Muhni (60), Muhayaran (55), Surawi dan Mariyam mengalami kerusakan yang cukup berat. Hanya rumah milik Watik (35) yang genteng turun dan sebagian dindingnya retak.

“Sampai hari ini belum jelas kerugian materi diperkirakan berapa. Pihaknya akan terus akan melakukan pendataan untuk dilaporkan ke Pemda,” jelas Abd Rahman Riadi dari BPBD Kabupaten Sumenep.

Sedangkan bangunan lainnya yang sudah berada dalam catatannya, Musallah Al Ghalah yang berada di Desa Kropoh, Kecamatan Ra’as. (red)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close