DaerahKabar

Pemkab Telantarkan Taman Rato Batuan

Jaazaidun.com–Sumenep – Taman Batuan yang merupakan peninggalan sejarah yang terletak di Desa Batuan Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep sampai hari ini terkesan tidak ada perawatan sama sekali dan terlihat kumuh. Padahal taman tersebur merupakan tempat pemandian dan peristirahatan Raja-raja Sumenep terdahulu yang harus dirawat dan dijaga keberadaannya.

Tercatat jelas pada prasati taman dibangun pada masa Sultan Abdurrahman tahun 1834 Masehi yang kemudian diresmikan pada tahun 2000 pada masa Pemerintahan Bupati Sumenep KH. Moh. Ramdlan Siraj. Yang kemudian ini patut dijadikan cagar budaya.

Prasasti peresmian taman keraton

Kendati demikian salah seorang warga Batuan Mu’din mengaku belum ada bentuk perhatian dari pemerintah setempat terkait perawatan taman.

“Belum ada, paling kalau ada setahu saya setahun sekali, itupun cuma dibersihkan”. Kata Mu’din, Sabtu (08/12/2018)

Dirinya berharap ada perbaikan dari taman tersebut, bahkan juga meminta taman itu supaya di rawat dengan baik. Agar peninggalan sejarah tidak terlupakan oleh masyarakat Sumenep hususnya.

“Kalau ini dibangun pasti bagus, pak. kalah TSI itu nantinya kalau ini dibangun”. Kata Mu’din kepada jaazaidun.com

Selain taman terlihat kumuh dan tidak terawat, juga tampak jelas jalan akses menuju kawasan taman cukup memprihatinkan. Pasalnya jalan aspal yang sudah rusak mengakibatkan masyarakat tidak melihat adanya peninggalan sejarah dikawasan tersebut. Hal itu yang kemudian sangat disayangkan oleh masyarakat sekitar. (Muid/red)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close