DaerahKabar

Para Super Incumbent DPRD Sumenep yang Masih Meraja di Dapilnya

Jaazaidun.com, Sumenep. Merawat konstituen tidaklah sama dengan merawat kerbau yang gampang dicocok hidungnya. Mereka para pemilih itu kiranya juga bukan barang dan benda, yang habis manis sepah dibuang.

Merawat pemilih sama dengan merawat manusia, yang memiliki hati dan empati. Para politisi yang kenyang dengan asam garam politik pendulangan suara. Pasti tahu karakter pemilihnya, pasti belajar perihal sisi psikologis manusia dari yang banal dan intim. Tidak karena uang mereka datang ke bilik suara, lalu memilih sesuai instruksi dari tim pemenang yang menyerang di kala fajar atau 3 hari sebelum hari pencoblosan dengan amplop plus kertas saku calon yang mau dicoblos.

Boleh jadi ada kecurangan di setiap TPS, Bawaslu, KPU yang jadi rantai demokrasi diunjukrasa setiap hari karena dugaan penyimpangan. Tetapi politisi yang selalu lolos di setiap pemilu, bahkan arus perubahan politik elektoral yang isunya bermain diranah politik identitas, bahkan hujat menghujat agama. Selalu memiliki caranya sendiri memperlakukan konstituennya. Mereka tak mengenal istilah mendorong mobil mogok.

“Bagi saya, tak ada istilah mendorong mobil mogok. Saya manusia, pemilih saya juga manusia. Sebab itu saya perlakukan mereka layaknya manusia,”papar Ramsi, aktivis PMII yang juga politisi Hanura dan mengantongi suara moncer di Dapil 3.

Kata Ramsi lain lubuk lain ikannya, lain Dapil lain manusianya. Karakter manusia, tidak melulu dipengaruhi oleh lingkungannya, manusia memiliki habit berkembang dan belajar. Strategi pendulangan suara di tujuh dapil juga berbeda.

Selain Ramsi, dan Incumbent lainnya yang masih terpilih sebagai wakil rakyat pada periode 2019-2024, yakin bahwa segalanya sudah dituliskan sebagai garis tangannya.

Berikut daftar lengkap 25 anggota DPRD Sumenep Incumbent yang masih meraja dikursi DPRD Sumenep periode 2019-2024:

Dapil 1
Herman Dali Kusuma (PKB)
Akis Jasuli (NasDem)
Nurus Salam (Gerindra)
Mohammad Yusuf (PKS)

Dapil II
Faisal Muchlis (PAN)
H. Subaidi (PPP)

Dapil III
M. Ramzi (Hanura)
Ahmad Salim (PPP)

Dapil IV
H. Hamid Ali Munir (PKB)
Indra Wahyudi (Demokrat)
Saiful Bari (PPP)
Rozah Ardi Kautsar (NasDem)
H. Zainal (PDIP)

Dapil V
Juhari (PPP)
Suroyo (Gerindra)
Masdawi (Demokrat)
Umar (PDIP)

Dapil VII
Badrul Aini (PBB)
Dulsiam (PKB)
Hanafi (Demokrat)
Suharinomo (PAN)
M Sukri (PPP)

Dapil VI
H. Risnawi (PKB)
Darul Hasyim (PDIP)
Ahmad Zainurrahman (Demokrat)
Mas’ud Ali (PPP) (red).

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close