DaerahKabar

Optimis, Raperda sisa Dapat Diselesaikan Sebelum Jabatan Berakhir

Jaazaidun.com, Sumenep. Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma tetap optimis meskipun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang tersisa belum diselesaikan. “Masih berjumlah belasan, tapi kita optimis bisa diselesaikan,”katanya kepada wartawan di kantornya.

Ia berjanji akan menyelesaikan sisa Raperda tersebut, sebelum masa jabatan anggota dewan lama berakhir. Masih ada 16 Raperda yang sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Properda) 2019. Ada 8 Raperda yang diusulkan legislatif, dan 8 Raperda yang jadi inisiatif eksekutif.
Diantara Raperda usulan legislatif, yaitu tentang penyusunan Pedoman Laporan Kepala Daerah, Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Penataan Drainase Perkotaan, Penyelenggaraan Jalan dan Pelayanan Ketenagakerjaan. Termasuk juga Raperda Penanggulangan Kemiskinan dan Penyelenggaraan Perpustakaan.

Sementara Raperda usulan eksekutif adalah soal Peraturan Desa, rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perkotaan di Kecamatan Bluto, Saronggi, dan Pragaan tahun 2018-2038. “Kemudian ada lagi Raperda Cadangan Pangan Pemkab Sumenep, dan Raperda tentang Perda nomor 16 tahun 2018 mengenai Retribusi Jasa Umum dan kepemudaan,”kata politisi PKB ini.

Herman menambahkan bahwa Raperda sisa lainnya yang jadi usulan eksekutif adalah Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018, perubahan APBD tahun 2010, dan APBD tahun 2020.
Tepi saya yakin dalam waktu dekat ini semuanya bisa kami selesaikan, tanpa mengecewakan. (Khairul)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close