DaerahKabar

Mangkrak Dua Tahun, Kadisnaker ; BLK Kepulauan Tahun Ini Dioperasikan

Jaazaidun.com-Sumenep. Operasional Balai Latihan Kerja (BLK) Kepulauan, di Desa Pandeman, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep menemui titik terang. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) memastikan BLK yang dibangun bangun sejak 2017 dengan anggaran Rp. 1 Miliar itu akan dioperasikan tahun ini.’

Sebelumnya, BLK Kepulauan bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) siap kerja dan memiliki skil keterampilan di bidang tertentu guna mengurangi angka Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal di Kepulauan. Tiga Kecamatan di Kepulauan yakni Arjasa, Kangayan, dan Sapeken tercatat sebagai daerah lumbung penyalur TKI ilegal ke luar negeri.

”Secara bertahap BLK Kepulauan ini akan dioperasikan. Yang pasti akan dimulai tahun ini, sedangkan waktunya menunggu kesiapan anggaran,” terang Kepala Disnaker Mohammad Fadilah, Senin (4/3/2019).

Menurut Fadilah, Pemkab telah menyiapkan dana sebesar Rp. 890 juta di APBD 2019 untuk kegiatan pelatihan kerja di BLK Kepulauan. Pelatihannya meliputi empat kejuruan yaitu konveksi, mebeler, otomotif, dan bordir.

”Ada Kepala UPT dan beberapa staf disana dan mereka akan menjaring masyarakat lokal yang berminat mengikuti pelatihan yang akan digelar di BLK pada empat kejuruan tersebut,” jelas Fadilah.

Disinggung soal sarana dan prasarananya, Mantan Kepala Dinas Perhubungan ini menyatakan sejauh ini sarana dan prasarana yang dimiliki untuk mendukung kegiatan pelatihan belum lengkap. Pemkab akan bekerjasama dengan BLK nauangan Kementerian Tenaga Kerja di Desa Bangkal, Kecamatan Kota terkait kebutuhan sarana pelatihan.

”Kami juga akan meminta trainer dari BLK Kemenaker untuk membantu dalam memberikan pelatihan,” pungkasnya. (rid)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close