KabarNasional

Mahfud MD, Senang jika Ibukota Indonesia ada di Madura

Jaazaidun.com, Jakarta. Ditengah hiruk-pikuk keinginan Presiden Jokowi yang memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke luar Pulau Jawa. Mahfud MD juga menyampaikan ungkapan kegembiraannya bila ibu kota negara dipindahkan ke Madura.

“Sebagai orang Madura, saya tentu senang kalau Madura jadi ibu kota Indonesia,” kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut mengomentari keputusan Presiden Jokowi yang bakal memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa yang disampaikan dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019) sebagai respons atas tiga usulan alternatif dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Mahfud mengakui jika keinginannya bukanlah usulan kepada Presiden Jokowi. Sebab dia tidak mengerti soal ibu kota, secara teknis. “Pemerintah memiliki banyak ahli yang tahu tentang tata kota, tata letak geografi yang cocok untuk Indonesia dengan pertimbangan-pertimbangan demografis,” jelasnya.

Untuk diketahui rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke luar
Pulau Jawa yang diusulkan kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro adalah ibu kota tetap di Jakarta, akan dibuat distrik khusus untuk pemerintahan di sekitar Istana Presiden, kawasan Monas, dan sekitarnya.

Alternatif kedua, ibu kota dipindahkan dari Jakarta tapi berada di daerah satelit, yakni Bogor, Depok, Tangerang, atau Bekasi. Ketiga, dipindahkan ke luar Pulau Jawa. (Cha)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close