DaerahKabar

KPU Tambah 4 TPS di Pesantren Sumenep

Jaazaidun.com-Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep menambah empat tempat pemungutan suara (TPS) di Pondok Pesantrean Al-Amien Paragaan, Desa Paragaan Laok, Kecamatan Paragaan guna memudahkan santri di Ponpes tersebut menggunakan hak pilihanya di Pemilu 17 April 2019. KPU menemukan terjadi penambahan pemilih yang cukup signifikan di Ponpes tersebut.

”Data sementara sesuai Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) terdapat sekitar 400 pemilih tambahan di Ponpes Al-Amien. Bahkan, berdasarkan kordinasi dengan Pimpinan Pondok potensinya hingga 1000 Pemilih lintas daerah,” terang Ketua Komisioner KPU Sumenep, A. Warits, Senin (4/3/2019).

Menurut Warits, dengan tingginya pemilih tambahan tersebut, maka KPU menambah empat TPS lagi di Ponpes Al-Amien sebab maksimal tiap TPS 300 pemilih. Jika hanya ditambah satu TPS dihawatirkan akan menghambat kalancaran proses pemungutan dan penghitungan suara.

Selain di Ponpes Al-Amien, tambah Warits, KPU juga menambah satu TPS lagi di Rumah Tahanan Kelas II B Sumenep karena terdapat sekitar 237 pemilih tambahan dengan status warga binaan. Sedangkan di Ponpes lainnya seperti Annuqoyah Guluk-Guluk termasuk di beberapa Kecamatan lain informasinya akan diliburkan.

”Pesantren lain umumnya pada hari H pemungutan dan penghitungan suara diliburkan sehingga memungkinkan untuk menggunakan hak suaranya di TPS asal,” pungkas Warits. (rid)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close