DaerahKabar

KP2KP Dan Duta Pajak Minta Masyarakat Jauhi Korupsi

Jaazaidun.com–Sumenep – Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jendral KP2KP Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur Gelar Aksi Hari Anti Korupsi Sedunia di tengah Taman Adipura Sumenep, Minggu (09/12/2018).

Aksi tersebut digelar bekerjasama dengan Duta Pajak Mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep. Dalam aksinya KP2KP Sumenep menunjukkan bahwa adanya Hari Anti Korupsi Sedunia merupakan bentuk penyadaran terhadap masyarakat bahwa korupsi adalah sebuah kejahatan.

“Aksi ini dilakukan agar masyarakat mengerti bagaimana jahatnya korupsi yang merugikan negara,” Kata Hariyo selaku Kepala KP2KP Sumenep.

KP2KP mengajak masyarakat untuk melakukan penandatanganan banner Hari Anti Korupsi Sedunia, serta memberikan souvenir bunga bagi siapa saja yang ikut andil di dalamnya.

“Ternyata masyarakat merespon penuh aksi Hari Anti Korupsi ini. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan sampai orang tua ikut serta menolak adanya korupsi di negara ini” paparnya.

Sementara itu dari pihak Duta Pajak Unija Yoko Dio menjelaskan bahwa melalui Resolusi 58 terjadilah Konferensi PBB pada 31 Oktober 2003 yang kemudian melahirkan kesepakatan bahwa pada tanggal 9 Desember ditetapkan sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia.

“Hal itulah yang menjadi semangat kami, karena pada hari itu seluruh dunia setuju bahwa korupsi merupakan tindakan yang luar biasa” ungkapnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat supaya sadar dan jauh menghindar dari korupsi. “Ayo… Bangun Negeri Tanpa Korupsi” pungkasnya.

Di tempat berbeda, Nur Faizin, M.A pendiri Gerakan Pemuda Melawan Korupsi di Yogyakarta berkomentar. Korupsi sebagai penyakit akut bangsa, susah obatnya, sehingga pendidikan mental tolak korupsi selain harus diterapkan di setiap instansi juga perlu dibangun sejak usia dini.

“KP2KP Sumenep telah memulai itu, mengajak berbagai pihak untuk melawan korupsi dengan riang adalah salah satu cara mencegahnya” terang Nur Faizin, tokoh muda NU Sumenep yang baru diangkat jadi wakil sekretaris PW GP. Ansor Jatim itu. (Muid/red)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close