KabarNasional

KLIK JAMIN Untuk Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Jaazaidun.com, Jakarta. JAMIN yang dibuat oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin merupakan aplikasi khusus untuk mengawal Pemilu 2019.

“Aplikasi ini akan dipakai para relawan untuk memantau pemilu di tempat pemungutan suara (TPS),” kata Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Arya Sinulingga, Jumat (5/4) di Jl Cemara, Menteng.

Arya mengatakan aplikasi bernama JAMIN Relawan itu dapat di-download gratis di Google Play Store. Selain itu bertujuan untuk menekan potensi kecurangan dalam proses penghitungan suara Pemilu.

Sebelum memakai aplikasi, relawan harus mendaftarkan diri, dengan melengkapi identitas masing-masing seperti nama dan nomor telepon seluler yang masih aktif.

Relawan juga harus menyebutkan wilayah yang dikawal, seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa hingga TPS yang dikawal.

“Nah, ada beberapa (fitur) yang dibuat, ada fitur ambil suara, notifikasi, dan laporan. Jadi sangat simpel, sangat mudah digunakan untuk mengawal pemilu,” kata Arya.

“Ada fitur ambil suara adalah (untuk) mengambil penghitungan suara setiap kandidat (capres-cawapres). Kemudian mengirim pesan ke koordinator secara langsung. Laporan nanti langsung ke server kami,” ungkap Arya.

Untuk memastikan hasil ambil suara yang diketikkan relawan tepat, mereka juga harus mengambil foto formulir C1 dan mengunggahnya ke aplikasi.

“Nanti dia send, nanti ada notifikasinya. Kalau berhasil nanti ada notifikasi dari koordinatornya, karena kita bikin koordinator wilayah masing-masing. Jadi sangat mudah, sangat gampang. Kalau dia salah memasukkan data, bisa diulang lagi,” kata Arya.

Arya menjamin sistem keamanan di aplikasi ini cukup kuat sehingga diharapkan bisa terhindar dari aksi peretasan.

“Ini supaya masyarakat bisa (ikut) memantau masing-masing TPS, ini cara kami menghindari kecurangan. Cara kita juga menciptakan transparansi. Mudah-mudahan Pemilu kita terkawal dengan baik,” jelasnya.

Fitur ambil suara, memungkinkan masyarakat bisa memperoleh penghitungan yang sesungguhnya atau real count dari setiap TPS. Sedangkan fitur laporan memungkinkan warga melaporkan situasi di lapangan dengan mengirimkan foto atau video.

“Kalau sudah terkirim nanti akan ada notifikasi bahwa laporan sudah terkirim,” pungkas Arya yang juga Ketua DPP Partai Perindo itu. (*/Bima)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close