DaerahKabar

Kisah Kenapa DBS III Akhirnya Dikembalikan ke Adhiluhung

Jaazaidun.com-Sumenep ; Pemkab Sumenep melalui Dinas Perhubungan Sumenep akhirnya mengembalikan Kapal Motor Darma Bahari Sumekar (DBS) III kepada perusahaan pemenang tender pembuatan kapal, PT Adiluhung Saranasegara Indonesia.

Hal itu dilakukan setelah Badan Usaha Milik Daerah, PT Sumekar Line selaku pengelola KM DBS III menyerahkan kembali kapal yang menelan Rp 39 miliar dari APBD Sumenep dan Provinsi Jatim 2018 ke Dishub karna rusak.

“Kami sudah mendapat laporan (kerusakan KM DBS III, red). Dan tentu kami kembalikan ke perusahaannya untuk memperbaikinya,” jelas Busyro, Sabtu (9/3/2019) kepada Jaazaidun.com.

Sebelumnya, KM DBS III melakukan pelayaran perdananya melayani angkutan penumpang dan barang rute Kalianget-Pulau Kangean. Namun, kapal baru yang diresmikan 31 Oktober 2018 itu justru rusak, bahkan PT SL selaku operator pelayaran kapal tersebut mengembalikannya ke Dishub karena tidak sesuai harapan.

Selain kecepatan kapal tidak sesuai keinginan dalam spesifikasi pembuatan yaitu pelayaran Kalianget-Kangean yang direncanakan dikisaran 8 jam, justru harus ditumpuh 13 jam.

Bahkan sejumlah fasilitas untuk kenyamanan penumpang seperti AC rusak dan getaran kapal terlalu tinggi.

“Kami sudah antisipasi semuanya. Dan sekarang masih masa pemeliharaan yang menjadi tanggungjawab perusahaan,” terang Bupati.

Disinggung soal pembuatan kapal yang ditengarai tidak sesuai spesifikasi, mantan Ketua DPRD dua priode ini enggan menjawabnya.

Namun demikian pihaknya tetap menginginkan proses perbaikan kapal secepatnya selesai, karena Kapal tahan ombak tersebut sangat dinantikan oleh masyarakat Kepulauan.

KM DBS III diirancang tahan ombak dengan kapasitas angkutan 300 orang penumpang dan 10 mobil dengan kecepatan 15 hingga 20 knot perjam. Kapal tersebut itu diharapkan dapat menjadi jawaban atas keluhan masyarakat Pulau terhadap tidak memadainya pelayanan transportasi laut. selama ini di Kabupaten Sumenep. (Sal)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close