KabarNasional

Kemnaker Sebut Tiga Hal Kunci Berbisnis

Jaazaidun.com–Jakarta – Saat ini wirausahawan muda harus responsif terhadap perubahan zaman agar bisnis yang dijalankan tetap relevan. Begitu kira-kira ringkasan sederhana dari harapan Menaker RI Hanif Dhakiri.

Pasalnya saat dijumpai para jurnalis, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mendorong generasi muda untuk meniti masa depannya menjadi “sociopreneur” atau wirausahawan sosial, sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Salah satu menteri terbaik milik Indonesia itu menginginkan pemuda yang berwirausaha tidak hanya mengejar keuntungan bisnis. Tapi juga bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

Sebab, sebagaimana dilansir oleh antaranews.com (Minggu, 05/08) katanya sociopreneur merupakan kegiatan wirausaha yang mempunyai perhatian penuh terhadap pengembangan masyarakat di lingkungannya. Sehingga, mampu memberdayakan masyarakat untuk menghasilkan suatu perubahan sosial yang berujung pada kesejahteraan bersama.

Terdapat tiga hal menurut Hanif yang harus disiapkan generasi muda untuk menjadi sociopreneur.

Pertama, motivasi kerja keras dan berbuat kebaikan. Kedua, kreatif dan inovatif. Ketiga adalah responsif terhadap perubahan zaman, khusunya menanggapi perkembangan teknologi.

Sebenarnya ketiga hal tersebut bukan hal yang baru lagi. Sebab kerja keras dan kebaikan merupakan kunci bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan. Wirausahawan memang dituntut untuk selalu inovatif, supaya mampu bersaing secara sehat. Apalagi di jaman teknologi dan informasi terbentang seluas-luasnya yang bisa dijadikan inovasi dalam berbisnis. (Rd)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close