DaerahKabar

Kaos LokMil KakeNini Warnai Semarak Nyadhar Pertama

Jaazaidun.com–Sumenep — Penduduk Desa Pinggir Papas melaksanakan nyadhar pertama pada Jum’at (27/07).  Nyadhar merupakan kekayaan tradisi masyarakat petani garam di Desa Pinggir Papas. Bagi mereka nyadhar merupakan salah satu cara untuk menghormati para leluhurnya.

Oleh karena  itu, nyadar dilakukan di sekitar komplek makam leluhur, yang bertempat di Desa Kebundadap Barat, Saronggi, Sumenep. Di makam itu, diyakini bahwa ada salah satu syekh yang pertamakali menemukan cara membuat garam di Sumenep. Syekh itu bernama, Anggasuto.

Sejak pagi ratusan masyarakat pinggir papas sudah mendatangi areal pesarean Syekh Anggasuto untuk melakukan nyadhar. Ritual Nyadhar di awali dengan nyekar berlanjut dengan doa besama para sesepuh.

Kaos LokMil KakeNini Warnai Semarak Nyadhar Pertama
Suasana launching kaos LokMil KakeNini Warnai di Semarak Nyadhar Pertama

Uniknya, dalam nyadhar pertama ini, komunitas Paelan resmi meluncurkan kaos LokMil (lokal millenial) dengan ciri khas kebudayaan Pinggir Papas.

Salah seorang pembina Paelan, Bindara Anwar mengatakan, hal itu merupakan tanda tumbuh-kembang kreatifitas anak muda Pinggir Papas. Meski sebagian masih tinggal di luar daerah, tapi bisa menyempatkan diri menebar kearifan budayanya. Anwar mengharap dimana pun seseorang berproses, harus tetap bisa satukan hati dan pikirian untuk memberi kontribusi pada desanya.

“Muda, Kreatif dan Mandiri itu saya kira harus jadi karakter anak-anak muda yang kini dipelopori oleh Komunitas PAeLAN”, jelas, Anwar yang juga asli putra Pinggirpapas.

Menanggapi soal nyadhar, Alumni pondok pesantren Mathali’ul Anwar ini mengatakan, nyadhar bukan hanya budaya yang harus dilestarikan sebagai bentuk syukur dan kenang jasa pada leluhur kita. Melainkan juga media silaturrahim antar keluarga dan antar desa, sebab saat nyadhar warga Pinggir Papas menginap di tempat warga Desa Kebundadap, Saronggi.

Sebagai informasi, dalam setahun Nyadhar dilakukan tiga kali berturut-turut dengan rentang waktu satu bulan berselang. [anm/rd]

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close