Nasional

Tentukan Pilihanmu, 5 Menit untuk 5 Tahun

Jakarta – Pilkada serentak digelar hari ini (27/6). Ada 171 daerah yang menggelar pencoblosan pilkada serentak hari ini. Hanya hari ini Anda dapat tentukan arah pembangunan daerahmu 5 tahun ke depan. Jangan ragu, pilih pemimpinmu yang sekiranya membawa perubahan positif bagi daerahmu.

Sebelum berangkat ke TPS, pastikan Anda mendapat formulir atau Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara C6-KWK alias formulir yang berisi surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara. Dalam formulir ini tertera nama pemilih, nomor urut pemilih, tempat pemungutan suara (TPS), nama desa atau kelurahan, dan kecamatan. Selain surat suara jangan lupa bawa juga KTP-e.

Sebagaimana jadwal yang tertera di Surat C6-KWK, TPS akan dibuka pada pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 13.00 WIB. Walaupun diberi waktu sampai siang, proses memilih sebetulnya tak perlu waktu lama, sekitar 5 menit saja. 5 Menit saja Anda sudah menentukan 5 tahun arah pembangunan daerah Anda.

Kalau tidak punya C6-KWK bisa mencoblos? Tak perlu risau. Semua warga negara mempunyai hak pilih yang sama. Jika Anda sudah ngecek sana sini dan masih belum terdaftar Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sebagaimana dikatakan komisioner KPU Viryan Azis, syarat agar bisa tetap memilih, Anda perlu membawa e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil dan kartu keluarga (KK) asli. Ini hanya memastikan Anda ada di DPT. Setelah itu, petugas KPPS di TPS akan mengecek apakah Anda memang belum terdaftar di DPT. Petugas juga akan memastikan e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil sesuai dengan alamat TPS di tingkat RT/RW.

“Kalau belum terdaftar yang bersangkutan sudah punya KTP elektronik atau suket namun belum belum ada di DPT, nanti akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang memilih satu jam terakhir,” ujar komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (25/6), seperti dilansir detikcom.

Ayo, gunakan hak pilih Anda. Tentukan masa depan daerah Anda sekarang juga. 5 menit untuk 5 tahun.

 

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close