KabarNasional

Rakyat Aceh Doakan Lauhin Mengharumkan Indonesia di Kancah MTQ Internasional di Mesir

Aceh – Menyusul suksesnya Rifdah Farnidah, Lauhin Mahfudz juara dua Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) di Amman, Yordania, beberapa hari lalu membuat bangga bangsa Indonesia di kancah Internasional. Kini kebanggaan tersebut bisa disematkan pada sosok pemuda asal Gayo Aceh, Lauhin Mahfudz, karena pemuda asal Tekengon yang kini menempuh pendidikan di Al-Azhar Mesir ini menembus final Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Kairo, Mesir.

Melalui video call, sebagaimana dilansir antaranewscom, Shabela Abubakar, Bupati Aceh Tengah, mewakili rakyat Aceh mengungkapkan kebanggaannya pada  Lauhin. Lauhin dipandang sebagai sosok pemuda inspiratif. Dengan prestasi tingkat internasional, Lauhin dapat menjadi kebanggaan tidak hanya bangsa Aceh, tapi seluruh rakyat Indonesia.

“Kami bangga selaku orang Gayo, Aceh, dan bangsa Indonesia karena prestasimu,” kata Shabela dalam bahasa Gayo saat menyapa Lauhin lewat video call.

Shabela dan rakyat Aceh mendoakan Lauhin agar pada Rabu ini (4/4) Lauhin dapat memenangkan perlombaan tersebut dan semakin menyebarkan energi positif bagi bangsa Indonesia.

Sang bupati mengharapkan Lauhin mencapai prestasi terbaik demi mengharumkan nama Indonesia pada ajang internasional itu.

Lauhin adalah wakil Indonesia yang masuk final untuk cabang Syarhil Quran bersama peserta dari Malaysia, Filipina, dan Nigeria.

Sebelum itu, Lauhin harus bersaing dengan peserta dari 20 negara dalam cabang itu. Dia memastikan diri lolos ke final setelah menempati peringkat kedua babak semifinal.

Lauhin adalah alumnus Pesantren Raudhatul Hasanah, Medan, Sumatera Utara. Dia kini menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Dia sempat menimba ilmu agama pada UIN Ar Raniry, Banda Aceh, dalam jurusan Tafsir Al Quran dan Hadist sebelum diterima menjadi mahasiswa Al Azhar Mesir sejak 2016.

Penyelenggaraan MTQ Internasional tersebut berlangsung mulai 21 Maret hingga 4 April 2018 di Kairo, Mesir. Para peserta merupakan mahasiswa dari berbagai negara di bawah naungan Universitas Islam terbesar Al Azhar.

MTQ ini memperlombakan tiga cabang yakni Musabaqah Tilawah Quran, Musabaqah Hifdzil Quran, dan Musabaqah Syarhil Quran.

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close