KabarNasional

Dipertemuan Radja, Ratu se Asean, Jokowi Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Jaazaidun.com-Sumenep–Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Presiden Ir. Joko Widodo mengajak anggota Forum Masyarakat Keraton Nusantara (FMKN) dan Forum Masyarakat Adat se Asean (FKMA), untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ajakan dan seruan itu disampaikan oleh Presiden dihadapan ratusan Raja, Pangeran, Ratu, dan Permaisuri peserta FKMA di Sumenep. Minggu 28 Oktober 2018.

Bersamaan dengan momentum sumpah pemuda, yang digelar di seluruh Indonesia Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga, terus merawat, terus memelihara, rasa persatuan, rasa persaudaraan dan kerukunan.

“Aset terbesar bangsa ini adalah, persatuan, kerukunan, dan persaudaraan,” paparnya.

Pada forum FKMA ini, Jokowi menilai perbedaan sebagai kebhinekaan antaraantar satu dengan yang lainnya. Mulai dari adat istiadat, suku, agama, bahasa, dan juga tradisi. Perbedaan itu menurut Jokowi merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT. kepada bangsa Indonesia.

”Ini akan menjadi sebuah potensi dan kekuatan, apabila kita bersatu, rukun,”tegasnya.

Harapan orang nomer satu di Indonesia itu jangan sampai nanti bangsa Indonesia maju dengan teknologi, tetapi mundur dalam hal kepercayaan, mundur dalam peradaban.

Di akhir sambutannya, Jokowi menekankan kemajuan bangsa Indonesia harus berakar kuat pada kearifan lokal nusantara. Untuk itu, persatuan dan kesatuan, serta nilai persaudaraan harus tetap dijaga sebagai kekayaan peradaban bangsa.(Bang)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close