Daerah

Semarak Belajar Otomotif di BLK Komunitas Sumenep

Sumenep – Dalam rangka membuka peluang kesempatan kerja dan mengatasi pengangguran di Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyemarakkan pembukaan Balai Latihan Ketenagakerjaan di pelbagai daerah. Di Kabupaten Sumenep sendiri balai tersebut ada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Ketua Yayasan Anwarul Abrar, Mufidul Wara, selaku inisiator pendirian BLK Komunitas, mengatakan bahwa pendirian BLK Komunitas di Dungkek merupakan jawaban dari sekian kegelisahan di Kabupaten Sumenep. Hal tersebut disampaikan Mufid saat membuka pelatihan Bengkel Otomotif di ruang BLK Komunitas di Desa Jadung, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Senin (4/6).

Penyematan Peserta BLK Komunitas Anwarul Abrar

“Selama ini para pemuda di wilayah Kecamatan Dungkek, Gapura, Batang-Batang, dan Batuputih mengandalkan pemasukan ekonomi dari bekerja kasar dan melaut. Dengan pemberian pelatihan di BLK Komunitas Yayasan Anwarul Abar ini kami berharap para pemuda utamanya yang berasal dari empat wilayah di Sumenep ini memiliki kemampuan dalam bidang otomotif. Untuk saat ini kami masih memberikan pelatihan teknik sepeda motor. Harapannya adanya BLK Komunitas dapat membantu pemerintah mengatasi pengangguran,” ujar Mufid.

Mufid mengatakan bahwa BLK Komunitas Yayasan Anawarul Abrar baru dibuka pelatihannya hari ini. BLK Komunitas ini bekerjasama dengan Kementerian Ketanagakerjaan RI dalam program pelatihan teknik sepeda motor sebanyak lima kali tahun 2018. Sementara instruktur di datangkan dari Pemekasan.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 16 orang per paket pelatihan selama satu bulan. Teknik sepeda motor dengan peralatan lengkap teori dan praktik. Mufid mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan BLK Komunitas ini di tahun-tahun mendatang memiliki jurusan lain yang bekerjasama dengan BLK Jawa Timur atau lainnya. [is]

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close