KabarNasional

Hiburan Api dari Sumur Energy Mineral Langgeng

Jaazaidun.com-Sumenep- Ribuan warga di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep mendapatkan tontonan menarik di tengah malam buta, berupa semburan api raksasa yang keluar dari pemboran Sumur ENC-02.

Kegiatan pemboran sumur eksplorasi ENC-02 PT. Energi Mineral Langgeng (EML) yang berlokasi di Desa Tanjung tersebut sejak ditajak pada 9 September 2018 mulai melakukan aktivitas pembakaran gas.

Sejak Rabu (21/11) petang hingga menjelang tengah malam, warga sekitar Desa Tanjung yang berbondong-bondong mendatangi lokasi mengaku sempat kaget dan penasaran dengan keluarnya api dari dalam lokasi pemboran.

Durisman warga setempat, bahkan mengaku sempat cemas dengan semburan api ke udara, khawatir menjilat ke perumahan warga, termasuk rumahnya sendiri.

“Saya tersentak dari depan televisi, begitu tetangga menjerit ada api besar,” jelasnya kepada jaazaidun.com.

Menurut Drilling Supervisor PT EML Suko Widodo, hal tersebut sebenarnya bagian dari prosedur sirkulasi dan pembakaran gas yang biasa dilakukan dalam kegiatan eksplorasi.

“Tujuannya, untuk mengamankan sumur dari semburan yang lebih liar,”jelasnya kepada wartawan, Kamis (22/11).

Suko mengatakan kegiatan pemboran saat ini masih berada di kedalaman 7.289 kaki, sehingga muncul gelembung dan semburan kecil. Pihaknya lalu mengamankan sumur dengan menutup BOP dengan prosedur pembakaran.

Sebelumnya, kejadian serupa terjadi di kedalaman 6.523 kaki dan sudah bisa diatasi. Tapi, aliran gasnya memang tidak sebesar di kedalaman 7.289 kaki.

“Saat ini kami menunggu material lumpur untuk masuk tahapan mematikan semburan gas ini,” pungkasnya. (Bang)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close