DaerahKabar

Hanya Sekali Berlayar, PT SL Kembalikan DBS III

Jaazaidun.com-Sumenep ; Baru sekali berlayar, Kapal Motor Penumpang (KMP) Darma Bahari Sumekar (DBS) III milik Pemkab Sumenep rusak. Kapal yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Sumekar Line (SL) ini untuk sementara menghentikan aktivitas pelayarannya rute Kalianget-Kangean, dan Sapeken.

Bahkan, saat ini, Managemen PT SL mengembalikan kapal yang pembuatannya baru selesai 2018 itu ke Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep.

Dishub merupakan Instansi pengguna anggaran dari dana RP. 39 Miliar yang dikerjakan PT Adhiluhung Sarana Segara Indonesia ntuk pembuatan kapal tahan ombak ke Kepulauan tersebut.

Direktur Utama PT Sumekar Mohammad Syafiie memastikan DBS III tidak ada jadwal pemberangkatan. Alasannya, DBS III tidak sesuai harapan setelah dioperasikan.

“Kecepatan KMP DBS III terlalu lambat. Harapan semula dari Kalianget–Kangean bisa ditempuh hanya 8–-9 jam. Tetapi, yang terjadi sampai 13 jam,” terang Syafi’e, Rabu (6/3/2019).

Menurut dia, perusahaannya menyerahkan KMP DBS III ke Dishub supaya dikembalikan ke PT Adiluhung Saranasegara Indonesia selaku perusahaan pemenang tender pembuatan kapal.

Selain itu, AC yang ada di kapal juga rusak bahkan biaya operasional untuk pemberangkatan Kapal sekali pelayaran sangat mahal.

”Untuk sementara yang melayani angkutan penumpang dan barang Kalianget-Kangean hanya DBS I, sedangkan DBS III kami serahkan kembali ke Dishub,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Direktur Tekhnis PT SL Zainal Arifin menambahkan, sebelum menyerahkan KMP DBS III, pihaknya telah menyampaikan kondisi kapal ke Dishub. Namun, respon instansi terkait tersebut justru lambat.

“Beberapa kali kami layangkan surat perihal mengenai kondisi kapal yang sesungguhnya tidak sesuai yang diharapkan. Intinya agar kapal tersebut secepatnya dilakukan perbaikan,” pungkasnya. (Sal)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close