DaerahKabar

Haflah Imtihan, Pesantren Mathali’ul Anwar Gelar Demonstrasi Kitabiyah dan Tabur Bunga

Jaazaidun.com, Sumenep. Untuk menguji daya ingat santri, Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar Desa Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep, Madura Jawa Timur menggelar demonstrasi Kitabiyah.

Acara ini  di gelar dalam rangka memperingati Imtihan dan Haul pendiri Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar KH. Abdullah Bin Husein Bin Sayyid Sholeh ke XXXVI.

“Berkat kerja keras para ustadz dan dukungan dari pengasuh Demonstrasi Kitabiyah dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan” kata Ustadz Ahdi Afandi. Selasa (30/04/19).

Meskipun baru pertama kali digelar, lanjut Ustadz Ahdi sapaan akrabnya, Demonstrasi Kitabiyah ini diluar ekspektasi.

“Terus terang ini diluar perkiraan kami, ternyata para santri sangat lancar dalam menjawab soal dari penguji, alhamdulillah kami sangat senang,” pujinya.

Dalam aksi kitabiyah tersebut, kitab-kitab yang di demonstrasikan adalah; Kitab Jurmiyah, Imrithy, Fathul Qarib & Alfiyah. Menurut Ahdi jenis kitab ini merupakan alat metodis bagi santri untuk menguasai kitab gundul atau membaca kitab kuning.

Dijelaskan oleh Ahdi Afandi jika para pesertanya adalah santri di berbagai jenjang. “Kitab Jurumiyah kelas 1 Awwaliyah, Imrithy kelas 2 awwaliyah,
Fathul Qarib kelas 3 Awwaliyah dan
Alfiyah kelas 1 wustha”jelasnya.

Aksi Demonstrasi Kitabiyah di Pesantren Mathaliul Anwar Pangarangan Sumenep

Sementara itu putra pengasuh Ponpes Mathali’ul Anwar K. Syaifa Ibadillah Ibnu Abussuyuf Ibnu Abdillah mengaku sangat bangga dengan semangat dan kreatifitas santri dalam demonstrasi Kitabiyah.

“Intinya saya selaku putra pengasuh sangat senang, dan yang tak lebih dari itu adalah, hari ini adalah berkumpulnya para alumni dari semua angkatan dalam rangka memperingati Haul Syaichona Abdullah Bin Husein pendiri PP Mathali’ul Anwar” paparnya.

Selain demonstrasi kitabiyah, ribuan santri dan alumni juga membacakan salawat nariyah dan tahlil bersama di Masjid Aminah. Sebelum dilanjutkan acara tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Mathaliul Anwar, yaitu KH. Abussuyuf Ibnu Abdillah bersama keluarga besar Yayasan Abdullah Pangarangan Sumenep Madura, Jawa Timur. (Does)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close