DaerahKabar

Gempa; Kemana akan mengadu, jika Pemerintah Sumenep Begini Jawabannya

Jaazaidun.com-Sumenep—Melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riadi menegaskan jika pemerintah hanya mengurusi kepulangan korban sampai kampung halamannya, tidak yang lain.

“Pemulangan korban itu harusnya Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, bukan kita,”katanya kepada jaazadun.com saat ditemui di kantornya.

Apabila diamati dari sekian banyaknya korban, sesuai dengan peraturan Bupati yang harus kita fasilitasi seharusnya hanya korban meninggal dan luka-luka. Nah, selebihnya bukan urusan kami.

“Kalau ada korban tidak memiliki tempat tinggal, anak sekolah, itu adalah merupakan tanggung jawab Dinas Sosial,” paparnya.

Sementara, Zulkarnain selaku Sekdinsos Sumenep mengatakan kepada peserta audiensi, jika Pemerintah Kabupaten tidak akan tinggal diam terkait korban gempa tsunami Palu yang sudah dipulangkan ke Raas.

Karena pihaknya sudah ada rencana program yang sudah disiapkan. Salah satu contohnya adalah tentang kesehatan, mereka digratiskan di Puskesmas melalui BPJS.

Untuk yang usia sekolah pihaknya sudah mendata dan telah diajukan ke Dinas Pendidikan untuk ditindaklanjuti.

Zulkarnain juga menambahkan bahwa perkepala keluarga nantinya akan ada bantuan dari Busyro Karim selaku Bupati Sumenep, berupa uang. Saat ini pihaknya menunggu data dari pemerintah desa Tonduk untuk dicairkan. (Muid/red)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close