DaerahKabar

Efektivitas Billing System, Pajak di Sumenep Naik 30 Persen

Jaazaidun.com, Sumenep. Pajak daerah untuk tahun 2018 melebihi target yang sudah ditetapkan. Dari target 100% mencapai 122%. Bahkan di tahun 2018 pajak daerah mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 2017 dengan angka 115%.

“Untuk pajak daerah mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Tahun 2017 angkanya mencapai 115% di tahun 2018 di atas 122%” kata Imam Sukandi selaku Plt BPPKAD.

Imam mengatakan, sebanyak sembilan pajak daerah yang dikelola diantaranya, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak penerangan, pajak penerangan jalan, pajak MDLB, pajak BPHTB, pajak PBB, pajak parkir dan pajak reklame. Dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan kurang lebih 25% sampai 30%. Bahkan melampaui target yang diamanatkan RPJMD 15%.

“Dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan kurang lebih 25% sampai 30%, bahkan melebihi dari target yang di tetapkan RPJMD yakni 15%.” Tambahnya.

Untuk tahun ini, bagi masyarakat yang tingkat pemahamannya rendah terutama penekanan kepada pajak daerah seperti hotel dan restoran kita akan melakukan optimalisasi peningkatan PAD itu dengan cara melakukan pemeriksaan.

Misalnya seperti hotel, kita akan melihat tingkat transaksi hunian dan kita bandingkan dengan tingkat hunian yang sebenarnya dengan pajak yang dilaporkan kepada kita. Dari sana kita akan tahu bahwa pengusaha itu tidak secara real melaporkan ke kita tentang pajaknya, ungkapnya.

Saat ini pihaknya berupaya untuk meningkatkan PAD dengan cara melakukan perekaman transaksi. Kita juga memfasilitasi setiap wajib pajak dengan alat (billing sistem).
Billing sistem itu kita tempatkan di pelaku usaha yakni di aplikasi mereka untuk merekam kegiatan transaksi mereka setiap hati. Dari situ kita bisa mengetahui updatenya transaksi mereka yang terjadi setiap hari. jadi mereka tidak lagi bisa membuat laporan palsu.

Dengan adanya billing system ini rata-rata peningkatan jauh lebih signifikan. Akan tetapi karena memang anggaran cukup besar, hanya ada sembilan WP yang masih pakai billing system di tahun 2018.

Hal ini dilakukan karena merupakan salah satu upaya untuk mengurangi adanya tingkat kebocoran yang dilakukan oleh pelaku usaha. di samping itu Kita juga melakukan upaya-upaya dengan melakukan pemeriksaan. (Rul)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close