KabarNasional

Beginilah Petuah Panglima TNI Hadi Tjahjanto Tentang NKRI di Pesantren Sumber Mas Sumenep

Jaazaidun.com, Sumenep. Dihadapan ratusan santri putra dan putri Pondok Sumber Mas Desa Rombiya Barat, Kecamatan Ganding Sumenep, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi Jenderal polisi Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dalam hal membela negara yang kita cintai ini, tidak harus menjadi kewajiban TNI dan Polri. Masyarakat pun punya andil besar mewujudkan itu seqbagai kewajiban,”kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Senin, 01 April 2019.
Segala aspek dan tujuan membela negara, harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing. Selain itu, kekayaan bangsa Indonesia harus dilestarikan dan dirawat bersama. Banyaknya suku dan tradisi di tanah air, sebagai bukti bahwa Indonesia kaya. Budaya Indonesia tidak tunggal. Sebab itu saling menghormati perbedaan dan keragaman sebagai syarat dalam menjaga persatuan NKRI.
Sedangkan Pengasuh Pondok Pesantren Sumber Mas Kiai Batwi Sanusia mengatakan dalam menjaga keutuhan NKRI menjadi tanggungjawab semua pihak. Dia berkomitmen untuk menjaga NKRI sampai mati.

Selain itu, dia menyatakan sebagai pengelola pesantren pihaknya berterimakasih kepada Panglima TNI dan Jenderal Polisi yang telah datang ke Pesantrennya untuk memberikan pencerahan kepada santrinya dalam ikut memikul tanggungjawab keutuhan NKRI di masa depan.

Pesantren Samudera Ilmu Tiada Batas
Hadi Tjahjanto mengaku takjub kepada tradisi pesantren, sebab dalam setiap kunjungannya ke beberapa pesantren di wilayah Indonesia bersama Jenderal Tito Karnavian, terbuktikan bahwa pesantren memiliki samudera ilmu yang tiada batas.

“Di Pondok Pesantren kita diajarkan ilmu dunia dan agama untuk menjadi manusia yang unggul,”papar Hadi Tjahjanto.

Sang Panglima lalu menyampaikan jika Indonesia di tahun 2050 kelak, dipastikan akan menjadi negara ekonomi terbesar ke empat di Dunia. Hal tersebut didasarkan kepada sebuah analisa lembaga lembaga yang kredibel di London.

”Itu prediksi oleh suatu badan keuangan yang berada di London, bahwa Indonesia akan maju dalam tiga puluh tahun kedepan,” ungkap Hadi memprediksikan. (Amin)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close