DaerahKabar

Beginilah Peristiwa Pepohonan yang Berhumbalang di Jalanan lalu Menimpa Rumah 

Jaazaidun.com, Sumenep – Satu jam lebih hujan lebat disertai angin kencang di Kabupaten Sumenep telah menyebabkan beberapa pohon tumbang. Diantaranya menimpa pagar rumah warga, merobohkan pertokoan dan nyaris memakan korban jiwa.

serta merobohkan atap teras sebuah tokoh,Rabu 13/3 sekitar pukul 13.15 Wib. Tidak ada korban jiwa, hanya satu orang dilarikan ke rumah sakit tertimpa pohon saat kejadian.

Pohon tumbang di Jalan Urip Sumoharjo, desa Pabian, Kecamatan Kota persis pada pukul 13.15, hampir mengenai tukang becak.

“Hanya beberapa di samping tukang becak, pohon itu roboh ke badan jalan,” papar Lukmanul Hakim, saksi mata kepada jaazaidun.com, Rabu (13/03)

Tidak hanya itu, di sejumlah ruas jalan Kabupaten pohon-pohon juga berhumbalang ke jalan raya akibat angin kencang. Hujan menutup pandangan mata, air dari langit sangat derasnya.

Di Jalan KH Mansyur, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Kartini, Jalan Agus Salim, pohon yang roboh merepotkan pengguna jalan. Di Desa Kolor, Kecamatan kota pohon telah menimpa teras warga hingga hancur berkeping.

Bahkan yang lebih parah pohon tumbang  di Jalan KH. Mansyur, Desa Pabian, mengenai pengemudi sepeda motor,  sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapat pertolongan medis.

Edi Febriyanto, salah satu pemilik toko kelontong yang jadi saksi mata mengaku melihat seorang terpental dari sepeda motornya begitu pohon tumbang. Namun ia memastikan, tak ada korban jiwa karena peristiwa itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Abd Rahman Riadi memang mengatakan, jika hujan lebat yang disertai angin kencang telah menyebabkan sejumlah pohon dan pertokoan di kawasan kota banyak yang roboh.

Peristiwa tersebut, tidak terhadap di satu titik. Angin dan hujan yang lebat, telah menebar teros dan kecemasan  di beberapa titik, antaranya, Jalan KH Mansyur, Jalan Urip Sumoharjo, jalan Kartini, Jalan Agus Salim kota Sumenep. Pihaknya dibantu masyarakat segera membersihkan dan memotong pohon yang tumbang ke jalan.

Tetapi yang perlu jadi catatan, ada kondisi yang lebih parah. Sebab pohon yang tumbang di desa Pamolokan menimpa satu rumah, aehingga rusak parah. Untunglah penghuninya tidak di dalam rumah.

Untuk itu pihaknya, menghimbau kepada masyarakat saat cuaca buruk, agar selalu waspada. Abd Rahman Riadi, kemudian berjanji, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas terkait, untuk melakukan penebangan pohon-pohon yang sudah tua.

“Itu kami lakukan untuk menghindari jatuhnya korban manakala angin kencang disertai hujan kembali terjadi,” tambahnya. (Mr.)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close