DaerahKabar

Bawaslu Jatim, Soal Penertiban Kampanye dan Politik Uang

Jaazaidun.com, Sumenep. Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur (Bawaslu Jatim) lakukan pengawasan pada masa tenang terkait rawannya pelanggaran kampanye seperti pemasangan  Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang di pinggir jalan.

Moh. Amin Bawaslu Jatim mengatakan, di masa tenang ini pihaknya melakukan apel siaga patroli pengawasan secara intensif. Fokus pengawasannya pada pelanggaran kampanye.

Selain kegiatan pengawasan terhadap permainan money politik yang dikhawatirkan bakal menyebar di masa tenang. “Patroli pengawasan yang kita lakukan bersama Kabupaten/ Kota, panwascam dan pengawas TPS menyisir ke daerah daerah agar tidak ada permainan politik uang,”kata Mohammad Amin, Senin (15/04/2019)

Amin menjelaskan dibeberapa Kabupaten/kota di Jawa Timur sudah ada dugaan adanya money politik di hari tenang, seperti yang terjadi di Probolinggo, Bondowoso dan Ponorogo.

Pihaknya menjadi kordinator wilayah khusus di Madura dalam rangka melakukan patroli pengawasan di hari tenang.

“Khusus di wilayah Madura menjadi kordinator wilayah saya sendiri dari ketua bawaslu jawa timur dalam rangka melakukan patroli pengawasan kita di hari tenang”, imbuhnya.

Amin mengatakan di hari kedua masa tenang, di Kabupaten Sumenep proses penertiban pelanggaran Pemilu. Hari Senin ini dipastikan selesai.

Secara umum untuk wilayah Madura, menurut Amin memang menjadi salah satu indeks kerawanan pelanggaran di tahun 2019 masuk katagori sedang ke atas. “Kerawanannya dalam bidang money politik dan berita HOAX termasuk ketidaknetralan penyelenggara di pelaksanan,” ungkapnya.

Imam Syafi’ie Komisioner Bawaslu Sumenep mengatakan pihaknya memberikan instruksi kepada seluruh peserta pemilu baik pada partai, calon DPD, maupun tim pemenangan 01 dan 02 untuk melakukan penertiban APK yang dipasang sebelum masa tenang.

Pada masa tenang kemarin, ternyata masih ditemukan APK yang terpampang dan belum diturunkan selama 1×24 jam. Himbauannya dikeluarkan kepada seluruh peserta agar melakukan penertiban dengan cara berkordinasi dengan Pol PP. (Irul)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close