KabarNasional

Bawaslu dan KPU Sampaikan Poin Penting untuk Pemilu Damai

Jaazaidun.com—Sumenep — Dalam acara “Deklarasi Pemilu Damai 2019” sabtu (13/10) yang diadakan oleh PMII di depan Masjid Jamik Sumenep, Rahbini perwakilan dari KPU Sumenep menyampaikan bahwa dalam Pemilihan Umum (pemilu) pada 17 April 2019 yang meliputi pemilihan anggota DPR mulai dari kabupaten/kota, provinsi, RI. Dan juga tak lupa DPD dan Presiden Wakil Presiden. Agar pemilu benar-benar menjadi kedaulatan bagi rakyat.

“Pertama pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat, bisa dilakukan untuk memilih elit politik atau pemimpin secara konstitusional. Kedua, pemilu adalah sebagai legitimasi politik serta pendidikan politik yang harus santun dan damai” terangnya.

Selain dua hal di atas, Rahbini menambahkan ada beberapa plan yang harus diperjuangkan agar pemilu ini terlaksana dengan damai dan bisa menghasilkan pemimpin yang bertanggung jawab serta memperjuangkan hak rakyat dengan baik.

Pertama bagaimana pemilu ini dilaksanakan berdasarkan kepastian hukum yang berlaku dalam proses penyelenggaraan pemilu, baik penyelenggara ataupun peserta. Kedua pemilu dilaksanakan secara adil, tanpa ada kekerasan dan hal-hal lain yang tidak baik.

Selain dari KPU, ada dari Bawaslu, dalam hal ini disampaikan oleh Imam. Setidaknya ada tiga poin pokok ; Pencegahan, Pengawasan, Penegakan Hukum. Pertama melakukan konsilidasi dan koordinasi secara kelembagaan dalam rangka untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Kedua, melakukan pengawasan mulai dari verifikasi partai,  pencalonan sampai pada tahapan kampanye. Ketiga, adalah proses penegakan hukum yang di dalamnya ada tiga hal; pelanggaran administrsi, pidana, dan kode etik. (muid/red)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close