KabarWisata

Batik On The Sea 2019, Pesan Bupati Harus Bangga dengan Batik Madura

Sumenep, jaazaidun.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Batik on The Sea 2019 (Art of Colorful Batik Madura) di Pantai Slopeng, Sabtu (27/07/2019).

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengatakan, batik on the sea salah satu rangkaian dari Visit Sumenep 2019 yang sudah digelar untuk kali kedua. Sebelumnya pemerintah menggelar acara ini di pantai Lombang. Pagelaran event kali ini, menyertakan ragam kegiatan yang meliputi parade layang-layang, kompetisi model, pameran batik dan kompetisi fotografi.

“Ini juga dilengkapi dengan parade layang-layang, bahkan kita akan melihat nanti hasil para fotografer saat mengambil foto. Karena acara ini juga dilombakan bagi fotografer,” kata Bupati dalam sambutannya.

Dulu batik hanya bagian kecil dari hasrat mencari kebanggaan. Namun saat ini batik sudah menjadi sebuah industri yang dapat diperhitungkan. Sebab itu arena aktivitas batik di Sumenep harus dipertahankan dan dikembangkan keberadaanya. Ada 46 industri batik yang ikut meramaikan pagelaran Art of Colorful Batik Madura ini, mulai dari kelompok kecil sampai yang besar.

Menurut politisi gaek dari Partai Kebangkitan Bangsa ini, jika diamati dari aspek kulturalnya batik di Sumenep berkembang melalui kebijakan. Misalnya anak-anak SD diharuskan memakai batik dan itu batik Labhang Mesem Kabupaten Sumenep. Bahkan para ASN setiap hari Selasa juga diwajibkan memakai batik.

“Tentu hal ini harus di apresiasi oleh kita semua. Bagaimana kebijakan pemerintah ikut ambil bagian dalam membangkitkan kreasi dari para pembatik yang ada di Sumenep,” tandasnya.
Usaha-usaha industri batik sebagai terobosan yang dilakukan pemerintah sudah cukup lama. Melalui suntikan modal dari BUMN, BUMD, dan perbankan yang ada. Bahkan pemerintah juga memberikan suntikan modal supaya para pembatik Sumenep sanggup bersaing dengan para pembatik ditingkat nasional.

Untuk itu ia berpesan agar bangga menggunakan batik Sumenep. “Kita harus menjadikan batik ini tidak hanya sekedar bagus dilihat, tapi juga tinggi nilai ekonomisnya,” tambah bupati. (Rul)

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close