Wisata

Sapi Sonok, Eksistensi Kejayaan Masyarakat Madura

Jaazaidun.com, Sumenep, Kejayaan eksistensial masyarakat Madura, dapat ditengok dari keberadaan warisan tradisinya. Kontes sapi sonok sebagai warisan budaya masyarakat di Madura menjelaskan keadaan itu.

Kontes yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini bagian dari event Visit Sumenep 2019 yang berlangsung di lapangan timur Stadion Ahmad Yani, Sabtu (21/9/2019).

Pada kontes sapi sonok kali ini diikuti oleh 60 pasang sapi dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten berlambang kuda terbang itu. Pemerintah berharap akan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebelum kontes itu dimulai masing-masing peserta terlihat merapikan dandanan sapi peliharaannya. Mereka sibuk memasangkan asesori perhiasan agar sapinya kelihatan cantik. Setelah itu, secara gradual mengarak sapi dengan iringan musik Saronin.

Mathawi, salah satu pemilik pasangan sapi sonok yang berjulug Putri Ronggolawe mengaku bangga karena sapinya bisa ikut kontes di Kabupaten. Kebanggaan kepada sapi mungkin bisa dirasakan oleh pemilik sapi lainnya, tapi kebanggaan kepada sapi sonok dengan sapi angonan biasa berbeda. Sebab cara pemeliharaannya yang berbeda, termasuk harganya.

Harga sapi sonok bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan juta rupiah setiap perekornya. Model kepatutan dan jenisnya yang menentukan harga sapi sonok jadi mahal. Sebab itu, tidak setiap petani yang memiliki jenis sapi sonok.

Sementara wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengatakan sapi sonok merupakan salah satu budaya dan tradisi luar biasa yang dimiliki masyarakat Madura. Tradisi sapi sonok, salah satu bentuk kekayaan budaya lokal yang jadi identitas lokal masyarakat Sumenep.

“Sapi Sonok ini lambang kreativitas masyarakat dan itu hanya ada di Madura, khususnya Sumenep,” tuturnya.

Sebagai warisan budaya, tradisi sapi sonok harus dipertahankan. Tradisi ini menjadi sarana penting menguatkan interaksi masyarakat. Selain akan meningkatkan kesejahteraan para peternak, khususnya sapi. Setiap tahun akan banyak sapi yang laku dengan harga tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. (Amin)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close