Komunitas

Santri Pantai Utara Adakan Silatnas di MWC NU Ambunten

Sumenep – Santri yang terhimpun dalam IKSAPUTRA (Ikatan Santri Pantai Utara) hari ini, Kamis (07/06), berkumpul di kantor MWC NU Kecamatan Ambunten adakan Silaturrahim Nasional secara sederhana. Dalam Silatnas mereka berasal dari santri dan alumni Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa. Kegiatan ini sebagai ajang merangkul seluruh elemen dalam meningkatkan kualitas santri, khususnya mereka yang akan berhenti mondok.

Asrori, Ketua IKSAPUTRA, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah ajang temu alumni, santri aktif, dan wali santri. Iksaputra sendiri merupakan komunitas santri yang didirikan tahun 1980 di PP Annuqayah Lubangsa. Anggotanya berasal dari empat kecamatan di Sumenep; Ambunten, Pasongsongan, Dasuk, dan Rubaru. Tujuan kegiatan ini selain sebagai ajang memperkuat silaturrahim, pun juga sarana pengawasan terhadap santri aktif.

Senada dengan Asrori, Kiai Ali Mufti Ahmad, selaku ketua simpul alumni PP Annuqayah Lubangsa, menambahkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memfokuskan diri simpul alumni dan santri untuk menjaga moralitas santri.

“Santri, baik yang sudah berhenti atau tidak, tetap jadi santri. Selamanya akan santri. Untuk itu sebagai alumni pesantren kita harus saling menjaga dan mengingatkan tanggung jawab santri sebagai penggerak ajaran Islam rahmatan Lil alamin,” ungkap Kiai Mufti.

Sementara itu, KH. Syafi’i Ansori, selaku pengasuh PP Annuqayah Guluk-Guluk, mengatakan bahwa tugas santri di luar atau di dalam kudu menjaga pergaulan. Karena menurutnya, saat ini semakin marak pemuda yang terjerumus pada kegiatan negatif dan berbau maksiat.

Melalui penguatan simpul alumni marwah santri tetap terjaga. Karena saling mengingatkan. KH. Syafi’i Ansori berharap santri di manapun saja berada tetap menjaga akhlak layaknya santri. Di akhir cerahnya, Kiai Syafi’i berdoa semoga ilmu yang didapat di pondok pesantren bisa memberikan keberkahan bagi diri dan keluarganya. (hs)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close