Komunitas

Pemuda Basoka Melek Politik

Sumenep – Para elit politik di tingkat pusat kini saling serang, bermanuver, dan bergelirya meraup keuntungan politik. Maklum menjelang tahun politik 2019 segala kepentingan dipertaruhkan. Bahkan manuver politik yang dilkukan cenderung pragmatis. Sebaliknga penyadaran dan pendidikan politik di tingkat bawah diabaikan.

Fenomena seperti itu ditangkap oleh sekelompok pemuda daerah yang mengatasnamakan P2R (Pendidikan Politik untuk Rakyat) Madura. P2R Madura bekerjasama dengan Komunitas Pemuda Basoka dan Ikatan Santri Pantai Utara melaksanakan proses pendidikan politik untuk santri dan pemuda desa pada Kamis (21/06).

Kegiatan ini dilangsungkan di Dusun Bicabbi, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep. Menurut Muzanni, M.Fil.I, Koordinantor P2R Madura, dalam presentasinya mengatakan pemuda sebagai penggerak utama pendidikan politik.

“Pemuda ini sebagai basis kekuatan utama. Mereka belum terkontaminasi politik pragmatis sehingga kami merasa penting menguatkan idealisme mereka demi tujuan dan kesadaran politik yang baik,” ungkap Muzanni.

Diskusi yang dihadiri pemuda penggerak desa ini diharapkan nantinya juga dapat menjadi penggerak untuk memberantas politik uang.

Komitmen tersebut juga disampaikan Kholid, aktivis Lakpesdam PCNU Sumenep yang juga koordinator Pemuda Basoka. Kholid bersama pemuda santri berkomitmen menjaga dan merawat aktifitas pendidikan politik yang memanusiakan. Mereka juga berkomitmen membawa virus positif ini ke tengah-tengah masyarakat sehingga masyarakat sadar tujuan politik yang mengangkat harkat dan martabat manusia seutuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Asrori, Santri Pantai Utara. Dirinya merasa senang ada kegiatan semacam ini. Belum tentu partai politik melakukan hal serupa untuk memberantas politik uang.

“Saya sangat senang dengan dibentukkan komunitas ini dan berharap agar komunitas ini tetap dirawat. Harapan saya nanti secara berkelindan masyarakat ikut berkontribusi pada pendewasaan politik,” tutur Asrori. (hol)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Close