Komunitas

Paham Pancasila? Ayo Ikutan Lomba Ini

Jakarta – Ada kabar gembira nih tuk kita semua bangsa Indonesia. Dalam  rangka merayakan Bulan Pancasila 1 Juni s/d 18 Agustus 2018, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar sejumlah lomba guna menghadirkan Pancasila dalam iklim kreatif di kalangan anak-anak muda, terutama generasi milenial. Demikian dikatakan oleh Kepala BPIP  Yudi Latif, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/4/18).

Menurut Yudi,  jika tahun lalu dalam peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan Pekan Pancasila, maka tahun ini BPIP ingin peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan mulai dari 1 Juni hingga 18 Agustus 2018, atau disebut dengan Bulan Pancasila. Adapun tema yang diusulkan oleh BPIP dalam peringatan Bulan Pancasila tahun ini adalah “Kita Pancasila; Bersatu, Berbagi.” Berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan oleh  BPIP berkolaborasi dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, yang puncaknya akan berlangsung pada 1 Juni 2018 mendatang.

Dalam jumpa pers tersebut, Ketua Panitia Kegiatan Bulan Pancasila, Benny Susetyo PR, menjelaskan bahwa penyebarluasan nilai-nilai dan pengamalan Pancasila di era milineal memerlukan pendekatan khusus guna menjangkau kalangan muda, atau yang lazim disebut generasi X, Y dan generasi Z. Jumlahnya saat ini sekitar 84 juta orang. Mereka tidak bisa dijangkau bila hanya menggunakan pendekatan konvensional dan struktural.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai lembaga penyemai pelaksanaan nilai-nilai Pancasila, baik untuk pembentukan moralitas personal, lebih-lebih untuk membangun civic culture (budaya kewargaan), perlu menghadirkan Pancasila dalam iklim kreatif. Maka, dalam momentum peringatan Bulan  Pancasila tersebut, BPIP akan menyelenggarakan Lomba Kreasi Pancasila yang meliputi 6 jenis lomba, yaitu: (1) Lomba Yel-yel Pancasila, (2) Lomba MemePancasila, (3) Lomba Foto Instagram Pancasila, (4), Lomba Film Pendek Pancasila, (5) Lomba Esai Pancasila, dan (6) Lomba Cipta Lagu Pancasila.

Yel-yel Pancasila adalah sebuah karya visual dalam bentuk video berdurasi maksimal 60 detik yang menggambarkan pemahaman, pengamalan dan dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Meme Pancasila adalah sebuah karya visual dalam bentuk grafis-karikatural berukuran standar publikasi medsos (facebook, twitter, instagram). Foto Instagram Pancasila adalah sebuah karya fotografi jenis single-photodalam ukuran standar publikasi Instagramtentang pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila. Film Pendek Pancasila adalah sebuah karya sinematografi dalam genre fiksi atau dokumenter berdurasi maksimal 3 menit yang menggambarkan pemahaman, pengamalan, dan dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila. Esai Pancasilaadalah sebuah karya tulis ilmiah popular dengan panjang tulisan maksimal 7 halaman spasi 1,5 halaman kwarto. Lagu Pancasilaadalah sebuah karya audio dengan instrumentalia sederhana (akustik) yang secara subtansial mengandung nilai-nilai Pancasila.

Keenam jenis lomba di atas terbuka untuk umum dengan total hadiah sebesar  3o Juta untuk masing-masing lomba, yang disertai dengan tropi dan piagam penghargaan dari BPIP. Setiap peserta dapat mengirimkan karya sejak dari 15 April hingga batas akhir pengiriman pada 23 Mei 2018. Keenam lomba akan dinilai oleh tim juri independen yang keputusannya tidak dapat diganggu gugat. Pemenang  akan diumumkan pada tanggal 29 Mei 2018 dan anugerah pemenang lomba akan diselenggarakan pada 1 Juni 2018. Pengumuman perihal kriteria umum, kriteria khusus, dan prosedur pengiriman karya,  akan segera disiarkan melalui situs resmi BPIP (www.pancasila.go.id),  media online, dan akun-akun media sosial resmi BPIP. (red.)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close