Komunitas

KBM Gelar Demonstrasi

Sumenep – Memperingati Lebaran Ketupat, Komunitas Barista Madura (KBM) menggelar acara demonstrasi barista bertempat di Warung Wisata Toraja, Dungkek, Sumenep, pada Jumat (22/6).

Terdapat puluhan barista handal yang tergabung dalam KBM unjuk Kebolehan meracik kopi khas nusantara dengan teknik manual braw.

Selain demonstrasi ini, KBM mengenalkan kopi yang tak biasa dinikmati masyarakat Madura. Puluhan gelas kopi dibagikan pada pengunjung yang hadir.

Koordinator KBM, Moh Rusdi mengatakan, tidak hanya pembagian kopi khas nusantara saja yang gratis, tetapi ada pula edukasi seputar kopi nusantara yang dipersembahkan oleh barista kepada masyarakat yang hadir.

“Selain bagi-bagi kopi gratis ada juga edukasi kepada pengunjung tentang kopi. Mulai pembuatan, sangrai kopi, penyeduhan dan pengenalan jenis kopi, asal kopi, kualitas, khasiat dan berbagai saran teknik penyajiannya,” ucap Rusdi.

Para Barista  Rusdi mengajak dan mengajari pengunjung yang hadir untuk membuat kopi sendiri menggunakan peralatan dan teknik ala barista, gratis tanpa bayar sepeserpun.

Stan kopi yang disediakan oleh komunitas barista madura ramai dipadati puluhan pengunjung yang hadir. Rusdi menambahkan bahwa KBM hadir di tengah-tengah masyarakat Madura atas binaan Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja (BBBPPK) Kemnaker RI.

Salah seorang pengunjung mengaku senang dengan acara demonstrasi barista ini.

“Acaranya bagus, pengunjung yang hadir banyak, hasil demonya juga bagus dan kopi yang dihasilkan juga enak, selain itu saya juga diajarkan cara menyeduh kopi menggunakan alat-alat dan cara yang unik” kata, Miftah asli masyarakat Dungkek.

Pria berumur 33 tahun ini berharap acara seperti ini sering-sering dilakukan, karena kegiatan ini baru sekali ini saja digelar di Madura, khususnya di Sumenep.

“Saya berharap juga supaya nanti banyak tempat-tempat ngopi yang enak buat nongkrong dan kopinya juga enak seperti ini,” harap Miftah. (bd)

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close