Komunitas

Densus 26 Tangkal Radikalisme Dengan Menebar Kebaikan Khotmil Qur’an

Sumenep – Radikalisme menjadi perhatian kita semua. Berbagai insiden bom bunuh diri dan tebaran kebencian atas nama agama mengundang keprihatinan semua pihak. Ancaman radikalisme tidak hanya merongrong rasa aman dan nyaman masyarakat. Tapi radikalisme berpotensi memcah belah rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Perhatian ini disampaikan Nur Faizin, Korwil Madura Densus 26, berulangkali di setiap kesempatan. Hal tersebut juga ia sampaikan saat mengisi sambutan dan santunan anak yatim pada Haflah Khotmil Qur’an di Dusun Barak Saba, Rubaru, Rabu (13/06) malam. Ancaman radikalisme ini, diakui Faizin, mendorong Densus 26 Wilayah Madura untuk turun ke basis-basis NU di Madura.

“Densus 26 itu dihadirkan untuk menangkal radikalisme. Menangkal terorisme yang mengancam rasa aman dan rasa nyaman kita. Kalau densus 88 polri menangkal terorisme dengan pistol, densus 26 menangkal terorisme dengan cara berbagi kebaikan dan mendidik kader muda NU di bidang penguatan amaliyah-amaliyah melalui pengajian Al-Muqtathofat Li Ahlilbidayat. Kami Densus 26 menaruh perhatian penuh untuk mengonsolidasikannya. Karena sejarah sudah membuktikan, santri di bawah arahan kiai mampu mengusir pihak-pihak yang merongrong negara-bangsa ini,” tutur Faizin.

Faizin yang juga alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, ini mengajak seluruh elemen masyarakat Madura menguatkan amaliyah-amaliyah NU. Karena sebagian besar masyarakat Madura ber-amaliyah NU. Faizin menambahkan bahwa acara haflatul khotmil qur’an itu tidak hanya menyemai kebaikan. Akan tetapi juga menjadi perekat antar-tetangga. Dengan demikian, lanjutnya, paham radikalisme tidak akan tumbuh. Tidak akan bisa tumbuh subur.

Sementara itu, Kiai Abdul Wasid, Pembina Densus 26 yang mengisi pengajian, menyampaikan bahwa masyarakat Madura sangat kental keagamaannya. Untuk itu saling bermaaf-maafan dan memperbanyak sedekah sedikit banyak dapat menangkal radikalisme yang datang ke tengah-tengah masyarakat. (sw).

Tags

Redaksi Jaazaidun.com

Tim Redaksi jaazaidun.com

Related Articles

Check Also

Close
Close