Komunitas

Densus 26 Korwil Madura Istiqomah Ngaji Al-Muqtathofat

Sumenep – Kaum muda Nahdlatul Ulama di Kabupaten Sumenep yang tergabung dalam Densus 26 hingga saat ini Istiqomah mengaji kitab Almuqtathofat Li Ahlil Bidayat karangan KH. Marzuki Mustamar. Pengajian yang digelar saban dua kali Jum’at sore menarik minat kalangan muda.

Menurut Korwil Madura Densus 26, Nur Faizin MA, pengajian ini sebagai bentuk kepedulian kaum muda NU di Madura dalam merawat dan membumikan amalan-amalan Islam ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah. 

“Pengajian ini sudah berjalan setahun. Alhamdulillah, kita masih konsisten. Ini hanya bagian dari itikad kami memahami amalan-amalan NU dan berusaha membagikan dampak positif ke masyarakat. Sekaligus juga benteng bagi warga NU agar terhindar dari hasutan kelompok lain,” ungkap Jen, panggilan Nur Faizin pada Jumat (20/4).

Sementara itu Kiai Abdul Wasid, selaku pembina Densus 26 Korwil Madura menambahkan bahwa kegiatan rutin ini merupakan upaya merawat nalar harakah an-nahdliyah. 

“Kita mengaji kitab almuqtathofat agar kita ber-amaliyah ada dasarnya. Ada hikmahnya. Ada dalilnya. Kenapa Kiai mengobati orang sakit pakai ayat Alquran dengan perantara air dan semacamnya misalnyam, karena sahabat Nabi pernah melakukan dan ditahsiskan oleh Rasulullah. Di dalam Alquran sendiri juga mengandung obat. Kita orang awam tidak perlu tahu dalilnya, maka kita harus tahu. Sehingga orang awam dan golongan Wahabi mengetahui bahwa perbuatan kita ada dalilnya,” ungkap Kiai Wasid. [red.]

 

Tags

Related Articles

Close